TI

Analisis: Oracle membeli SUN

Oracle and SUN

Baru-baru ini ada berita yang sangat mengejutkan di industri TI dunia, yaitu kabar bahwa Sun dibeli oleh Oracle. Sebelumnya Sun telah didekati oleh IBM dengan offering sebesar $6.5 billion namun karena tidak menemukan jalan tengah maka transaksi dibatalkan. Banyak pihak yang memang mengkritik jika Sun jadi dibeli IBM dan bahkan ada rumor bahwa Cisco yang punya ambisi untuk membangun enterprise data centre bakal meminang Sun. Namun ternyata saya baru saja membaca berita pagi hari ini dan kaget bahwa Oracle membeli Sun sebesar $7.4 billion, sehingga saya tertarik untuk mengulas lebih dalam mengenai latar belakang, product roadmap, dan next movement yang dilakukan oleh Oracle.

Sangat jelas bahwa visi Oracle membeli Sun didasari oleh untuk memperkuat strategi bisnis dari Oracle untuk menjadi terbaik di enterprise software dan mission-critical systems, seperti yang diungkapkan oleh CEO Oracle, Larry Elison,

“Oracle will be the only company that can engineer an integrated system (applications to disk) where all the pieces fit and work together so customers do not have to do it themselves”

Sebelum akuisisi Sun, Oracle punya banyak sejarah akuisisi perusahaan besar lainnya dengan nilai yang fantastis (lebih dari 1 billion) seperti,

  • BEA Systems, Enterprise Software
  • Hyperion Corporation, Enterprise Performance Management
  • Siebel Systems, Customer relationship management
  • PeopleSoft, Enterprise Software
  • Primavera, Project Portfolio Management
  • List lengkap lainnya bisa dilihat disini.

Sebelum saya analisa lebih jauh mari kita lihat portofolio product andalan masing2 perusahaan,

  1. Oracle mempunyai database yang digunakan oleh banyak perusahaan besar, enterprise software untuk kebutuhan bisnis perusahaan dari berbagai industri, dan yang juga berkembang pesat belakangan ini adalah Oracle Fusion Middleware.
  2. Sedangkan SUN mempunyai Java yang mainstream digunakan di PC, mobile phone, sampai produk2 consumer electric (smart card, gps, dll), kemudian Solaris sebagai salah satu operating system yg reliable dan banyak digunakan di industri skala besar, kemudian disisi hardware SUN memiliki SUN SPARC. Dan yang tidak kalah penting adalah MySQL yang baru dibeli yang menjadikan SUN leader untuk solusi open-source database. Selain itu Sun juga mempunyai beberapa hal menarik lainnya seperti solusi untuk virtualization, cloud dan enterpise computing.

Melihat beberapa kelebihan yang dimiliki oleh kedua perusahaan, menurut saya kedua perusahaan tersebut memang sangat cocok bergabung, alasannya adalah:

  • Oracle bisa mengawinkan product enterprise softwarenya dengan solusi cloud computing yang sudah dimiliki oleh SUN. Seperti prediksi saya sebelumnya mengenai tren industi TI dalam beberapa tahun mendatang mengenai cloud computing, Oracle bisa masuk ke beberapa kategori mulai dari Software as a Services, Platform as a Services, dan Infrastructure as a Services. Bisa dibayangkan jika product2 enterprise seperti human resources, project management, customer relationship management milik Oracle goes to cloud, maka banyak sekali benefit yang bisa dirasakan oleh customer, efisiensi biaya, maintenance, dll. Tidak berhenti sampai disitu, Oracle juga bisa menyediakan Platform as a Services bagi para programmer untuk develop aplikasi di atasnya, sebagai contoh beberapa tool development Oracle bisa diakses dari web app misalnya Oracle BI Enterprise Edition (sebelumnya milik Siebel). Sekarang ini Sun sendiri sudah memiliki solusi cloud computing untuk Platform dan Infrastructure. Sehingga ini bisa membuat Oracle menjadi leader dalam cloud computing dan bukan tidak mungkin action selanjutnya adalah membeli Amazon :)
  • Full stack OPTIMIZED solution untuk enterprise dari sisi hardware, storage, operating systems, middleware, dan aplikasi. Bukan tidak mungkin Oracle akan punya Bundle KILLER untuk soluti enterprise yang sudah benar2 dioptimize agar bisa berfungsi lebih cepat dan efisisen yaitu SPARC systems, Solaris, JVM (Sun/JRockit), Weblogic, dan Oracle database. WOW.
  • Merujuk balik ke tren TI ke depan, saya juga sempat menyinggung soal Virtualization. Dan saya rasa Oracle bisa memanfaatkan customer mereka sekarang untuk memaksimalkan penggunaan virtualization (server, storage, management) yang sudah dimiliki oleh SUN yaitu yang populer adalah Sun Virtual Desktop Infrastructure, Sun xVM Virtual Box, dll.
  • Oracle secara bersamaan menjadi leader di commercial database dan open source database. Mengenai MySQL, Oracle sudah menyatakan di FAQ-nya bahwa MySQL akan tetap menjadi part of product line database.

Namun disamping beberapa kelebihan tersebut ada beberapa rasa pesimis terhadap pembelian ini,

  • Komitmen Oracle terhadap komunitas Open Source. Saya rasa jika dibandingkan dengan IBM, IBM lebih baik dalam kontribusi dan banyak ‘bersuara’ untuk komunitas open source. Jujur saya masih meragukan komitmen Oracle dalam hal ini, apalagi disisi lain SUN sangat antusias dalam hal opensource, sebut saja product2 yang sudah opensource dari SUN, Java, Netbeans, OpenSolaris, OpenSolaris, OpenSparc, Open DS, Open SSO, Open Portal, Open ESB, dll. Bagaimana kelanjutan project2 open source tsb setelah dibeli Oracle? belum ada keterangan lebih lanjut mengenai hal ini.
  • Perkembangan Java yang bisa saja menjadi hanya untuk kepentingan bisnis Oracle belaka, karena sudah pasti posisi Oracle di JCP menjadi lebih kuat dari sebelumnya. Hanya waktu yang bisa membuktikan apakah setelah pembelian ini, Java menjadi lebih baik atau tidak. Tapi karena Java opensource saya tidak terlalu mengkhawatirkan ini, karena selama komunitas masih ada, Java terus akan menjadi lebih baik.

Yang jelas dari sisi bisnis IBM pasti sangat menyesal karena tidak jadi membeli SUN, karena dengan pembelian ini Oracle hampir mempunyai semua lini bisnis yang sekarang dimiliki oleh IBM. Tapi dari sisi komunitas, mereka menyesal kenapa IBM tidak jadi membeli SUN :)

Itu kira2 beberapa analisa yang bisa saya dapatkan dan pelajari dari pembelian ini, mudah2an berguna bagi semuanya. Any comments are welcome.

Oiya tunggu saya tidak sabar menunggu release Java selanjutnya yaitu JAVA 7g :D

About these ads
Standard

14 thoughts on “Analisis: Oracle membeli SUN

  1. agienthea says:

    nice article.. :D tapi jadi empot2an jg nih… soalnya dr mulai lulus kuliah sampe skrg dpt isi periuk nasi.. dari java.. gmn ntar nasib nya java ya…? :(

  2. lamida says:

    Very nice post.
    Serius-serius baca, ujung-ujungnya geli ketika harus menunggu rilis Java 7g. Hahaha… Bisa aja.

  3. Hello, There’s no doubt that your blog could be having browser compatibility problems. Whenever I take a look at your website in Safari, it looks fine however, if opening in I.E., it’s got some overlapping issues.
    I just wanted to provide you with a quick heads up!
    Other than that, wonderful blog!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s